RSS

YESUS WAFAT TIDAK DI HARI JUMAT AGUNG

24 Mar

Oke,  mari  kita  start  membuktikannya  sendiri  langkah  demi  langkah :

  1. TANDA  NABI  YUNUS.  Yesus  berkata  bahwa,  seperti  nabi  Yunus,  dia  akan  dikubur  selama  3  hari  3  malam,  sebagai  tanda  bahwa  DIALAH  MESIAS  YANG  DIUTUS  BAPA   dan  bahwa  Dia  akan  dibangkitkan  pada  hari  ketiga  setelah  penyaliban  dan  kematianNya;   

 

Mat.12:39-40 

12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

 

  1. Kita bandingkan  dengan  17:22-23  dan  Mat.20:17-19 

 

Mat.17:22-23

17:22. Pada waktu Yesus dan murid-murid-Nya bersama-sama di Galilea, Ia berkata kepada mereka: “Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia

17:23 dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali.

 

Mat.20:17-19

20:17. Ketika Yesus akan pergi ke Yerusalem, Ia memanggil kedua belas murid-Nya tersendiri dan berkata kepada mereka di tengah jalan:

20:18 “Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati.

20:19 Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.”

 

Perhatikan :

Pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.  Kalau  ayat-ayat  itu  kita  gabungkan – karena  SEMUANYA  HARUS  DIGENAPI,  yaitu  tanda  Yunus  (Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam),  begitu  juga  ”pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan,  maka  kita  akan  melihat  bahwa  Dia  telah  dibangkitkan  TEPAT  pada  akhir  hari  ketiga  setelah  kematianNya. Satu  detik  saja  terlewat  dari  akhir  hari  yang  ketiga,  maka  itu  sudah  masuk  pada  hari  keempat,  artinya  nubuatan  Yesus  (pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan)  di  Mat.17:23  dan  Mat.20:19  itu  jadi  tidak  digenapi.  DAN  ITU  JELAS  TIDAK  MUNGKIN !  TUHAN  KITA  ITU SANGAT  AKURAT !  HaleluYah

 

  1. Catatan 1

Orang  Yahudi  menghitung  permulaan  hari  yang  baru  itu  pada  jam  6  sore  saat  matahari  terbenam  (kalau  kita,  waktu  Internasional, jam  12 malam  atau  00 pagi-lah  yang  dihitung  sebagai  hari  yang  baru)  dan  perhitungan  mereka  itu  sesuai  dengan  ketentuan  Alkitab  di:

 

Kej.1:5

”Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.”

 

dan  satu  hari  dihitung  dari  matahari  terbenam  ke  matahari  terbenam  yang  berikutnya.

 

Im.23:32

Itu harus menjadi suatu sabat, hari perhentian penuh bagimu, dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Mulai pada malam tanggal sembilan bulan itu, dari matahari terbenam sampai matahari terbenam, kamu harus merayakan sabatmu.”

 

Sehingga  pembagian  hari  orang  Yahudi  adalah  :

  • 12 jam  gelap/ petang  (6 sore/ pm  sampai  6  pagi/ am)  dan  12  jam  terang / pagi  (6  pagi/ am  sampai  6  sore/ pm) 

 

sedangkan  waktu  kita  yang  Internasional  :

  • Hari itu  dibagi  dengan  6  jam  malam/ gelap (00 subuh / 12 pm sampai  6  pagi/ am)  lalu  12  jam  siang/  terang  (6 pagi / am  sampai  6  sore / pm)  dan  6  jam  malam/ gelap  (6  sore/ pm  sampai 12  malam/ 00  subuh). 

 

Karena  ketentuan  Alkitabiah  itulah,  maka  semua  hari2  Raya  yang  ditetapkan  oleh  Tuhan  di dalam  Alkitab,  pelaksanaannya  itu  selalu  dimulai  pada  sore  hari  saat  matahari  terbenam  sehari  menjelang  tanggal  yang  telah  ditetapkan.  Contoh,  Passover  tahun  2016  jatuh  di  hari  Jumat,  tgl. 22  April  jam 6  sorenya  dan  perayaan  Hari  Raya  Roti  Tidak  Beragi  akan  berlangsung  sampai  dengan  hari  Sabtu,  30 April  jam  6  sore  pula  (waktu Israel).

http://www.colelchabad.org/calendar.bp?gdate=4/1/2016

 

  1. Catatan 2 : Beda  waktu  Israel  dengan  Jakarta  adalah  4  jam

 

  1. Sekarang kita  baca  :

 

Yoh.20:1-2

20:1. Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap,   pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.

20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan.”

 

Nah  ayat-ayat  tsb.pun  meneguhkan  bahwa  kebangkitan  Yesus  itu  tidaklah  mungkin  terjadi  pada  hari  Minggu  pagi  karena  ayat  tsb.  menyatakan  bahwa  Dia  sudah  bangkit  sebelum  Maria  Magdalena  datang  ke  kubur  pagi-pagi  benar  itu,  pada  saat  hari  masih  gelap

 

  1. Catatan 3

Hari  pertama  tiap  minggu  yang  baru  bagi  orang  Yahudi  adalah  hari  Minggu  (karena  Sabtu / Sabat  adalah  hari  yang  ke 7  sesuai  Firman  Tuhan,  Kel.31:14-17)  sedangkan  bagi  kita  (kita  yang  sudah  dicemari  oleh  “SUNDAY”,  “hari  matahari”),  maka  menurut  waktu  Internasional,  hari  pertama  untuk  minggu  berikutnya  itu  jadi  hari  Senin.

 

     7. Oleh karena  itu,  tidak  mungkin  juga  kematianNya  terjadi  pada  hari  Jumat  sore  seperti  yang  biasa  kita  peringati  pada  hari  Jumat  Agung,  karena  dengan  begitu  mayatNya  belum   genap  ada  dimakam  selama  3  hari  dan  3    Kesimpulannya,   tradisi  perayaan  Jumat  Agung  dan  Minggu  (“Paskah”)  Easter  itu   tidaklah  didasarkan  pada  kebenaran  Firman  Tuhan !  Jadi  kapan  sebetulnya  Yesus  wafat? 

 

  1. Kita baca, 

 

Mat.27:45-50

27:45 Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga.

27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

27:47 Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: “Ia memanggil Elia.”

27:48 Dan segeralah datang seorang dari mereka; ia mengambil bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam, lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum.

27:49 Tetapi orang-orang lain berkata: “Jangan, baiklah kita lihat, apakah Elia datang untuk menyelamatkan Dia.”

27:50. Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.

 

ayat  ini   menunjukkan  bahwa  Dia  wafat  beberapa  saat  sesudah  jam  3 pm  (Refr.  Mrk.15:33-37,  Luk.23:44-47). 

 

Mrk.15:33-37

15:33. Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga.

15:34 Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eloi, Eloi, lama sabakhtani?”, yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

15:35 Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: “Lihat, Ia memanggil Elia.”

15:36 Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: “Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia.”

15:37 Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya.

 

Luk.23:44-47

23:44. Ketika itu hari sudah kira-kira jam dua belas, lalu kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga,

23:45 sebab matahari tidak bersinar. Dan tabir Bait Suci terbelah dua.

23:46 Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: “Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.

23:47 Ketika kepala pasukan melihat apa yang terjadi, ia memuliakan Allah, katanya: “Sungguh, orang ini adalah orang benar!”

 

  1. Yesus pasti  segera  dikuburkan  hanya  dalam  waktu  kurang  dari  3  jam  berikutnya  saja,  karena  mayatNya  sudah  harus  dimasukkan  kedalam  makam  sebelum  datangnya  hari  Sabat (Mrk.15:42-47,  23:54-56, Yoh.19:31-37)  pada  jam  6 pm,  sehingga  belum  sempat  di-rempah2i  menurut  adat  istiadat  Yahudi.  Itulah  sebabnya  firman  Tuhan  mencatat  tentang  para  wanita  yang  membeli  dan  mempersiapkan  rempah-rempah.    Adalah  ketentuan  hukum  Taurat  bahwa  ketika  hari  Sabat,  tidak  boleh  ada  seorangpun  yang  melakukan  pekerjaan. 

 

Kel.31:13-14 

31:13 “Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

31:14 Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya.

 

Mrk.15:42-47

15:42. Sementara itu hari mulai malam, dan hari itu adalah hari persiapan, yaitu hari menjelang Sabat.

15:43 Karena itu Yusuf, orang Arimatea, seorang anggota Majelis Besar yang terkemuka, yang juga menanti-nantikan Kerajaan Allah, memberanikan diri menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus.

15:44 Pilatus heran waktu mendengar bahwa Yesus sudah mati. Maka ia memanggil kepala pasukan dan bertanya kepadanya apakah Yesus sudah mati.

15:45 Sesudah didengarnya keterangan kepala pasukan, ia berkenan memberikan mayat itu kepada Yusuf.

15:46 Yusufpun membeli kain lenan, kemudian ia menurunkan mayat Yesus dari salib dan mengapaninya dengan kain lenan itu. Lalu ia membaringkan Dia di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu. Kemudian digulingkannya sebuah batu ke pintu kubur itu.

15:47 Maria Magdalena dan Maria ibu Yoses melihat di mana Yesus dibaringkan.

 

Luk.23:54-56

23:54 Hari itu adalah hari persiapan dan sabat hampir mulai.

23:55 Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan.

23:56 Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. (23-56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,

 

Yoh.19:31-37

19:31 Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib  sebab Sabat itu adalah hari yang besar maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan.

19:32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus;

19:33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya,

19:34 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.

19:35 Dan orang yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya.

19:36 Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: “Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan.”

19:37 Dan ada pula nas yang mengatakan: “Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam.”

 

  1. Sekarang kita  baca :

 

Im.23:5-8

23:5 Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada Paskah bagi TUHAN.

23:6 Dan pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN; tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang tidak beragi.

23:7 Pada hari yang pertama kamu harus mengadakan pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.

23:8 Kamu harus mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN tujuh hari lamanya; pada hari yang ketujuh haruslah ada pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.”

 

Dikatakan  bahwa  pada  tanggal  14  senja  di  bulan  yang  pertama  itu  adalah   perayaan  Paskah  (Passover)  kemudian  hari  berikutnya  tanggal  15  adalah  hari  raya  Roti  Tak  Beragi  (Feast of Unleavened Bread)  selama  tujuh  hari  lamanya,  dan  hari  pertamanya  itu  merupakan  pertemuan  kudus/ Sabat  demikian  pula  pada  hari  penutupannya,  hari  yang  ke 7,  juga  merupakan  Sabat. 

 

  1. Kemudian baca  lagi  19:31  diatas.  Perhatikan,  jelas  dikatakan  bahwa  ”sebab Sabat itu adalah hari yang besar”.  Jadi,  Sabat  yang  segera  datang  waktu  Yesus  dikuburkan  itu  bukanlah  Sabat  rutin  mingguan  yang  biasa  sesuai  dengan  10  Perintah  Tuhan  itu,  melainkan  Sabat  yang  besar  (a  High  Day  Sabbath  – NKJV)jadi  merupakan  hari  Sabat  tahunan  yang  bisa  saja  jatuh  di  hari  apapun  di sepanjang   minggu  itu !

 

  1. Konfirmasi yang  lainnya  adalah, 

 

Mat.26:1-2

26:1 Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaran-Nya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya:

26:2  “Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah,  maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan.”

 

Dan  memang  Yesus mati  disalib  setelah  melakukan  perjamuan  Paskah  (Perjamuan  Terakhir – The  Last  Supper)  dengan  murid2Nya.  Yesus  mati  sebagai  Domba  Paskah  yang  disembelih  sebagai  tanda  dimulainya Perjanjian  yang  Baru,  sehari  sebelum  Sabat  yang  mengawali  perayaan  ”hari  raya  Roti  Tak  Beragi”,  menggenapi  Im.23:5-7 (lihat  lagi  point  10).

 

  1. Jadi sudah  jelas,  bahwa  kenyataannya  waktu  itu  memang  ada  2  hari  Sabat  yang  terjadi – yang  pertama  adalah  Hari  Raya  kudus  (= Sabat  besar)  tahunan  sebagai  tanda  dimulainya  hari  raya  Roti  Tak  Beragi,  lalu  yang  berikutnya  adalah  Sabat  rutin  mingguan – seperti  yang  disebutkan  dalam  kitab-kitab Injil. Detail  inilah  yang  justru  seringkali  diabaikan  oleh  kebanyakan  orang,  padahal  DISINILAH  LETAK  KUNCINYA !   Kematian  dan  kebangkitan  Yesus  telah  terjadi  diantara  kedua  Sabat  ini !  Hal  ini  dapat  kita  buktikan  dengan  membandingkan  Mrk.16:1  dengan  Luk.23:56.

 

  1. Kitab Markus  mengatakan,

 

Mrk.16:1

Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.”

 

  1. Lalu sekarang,  kita  baca :

 

Luk.23:-55-56

23:55 Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan.

23:56 Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. (23-56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat

 

Nah,  kitab  Lukas  jelas  menyebutkan  ”Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat.”  –> dan  ini  berarti  Sabat  rutin  yang  mingguan !

 

  1. Kitab Markus  mengatakan  kepada  kita  bahwa  para  wanita  itu  membeli  rempah2  sesudah  hari  Sabat (”Setelah lewat hari Sabat”)  tetapi  dalam  kitab  Lukas, dikatakan  bahwa  mereka  menyediakan  rempah2  dan  minyak  “Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat.”  Lho  kok  yang  satu  bicara  ”setelah”  tapi  yang  satu  lagi  bicara  ”sebelum” ?! Mana  yang  benar ? 

 

Mungkin  kita  berpikir  jangan2  ada  kontradiksi  atau  kesalahan  di dalam  penterjemahan.  Tapi  kita  sudah  belajar  sebelumnya  bahwa  TIDAK  PERNAH  ADA  AYAT2  ALKITAB  YANG  KONTRADIKSI  SATU  SAMA  LAIN  KARENA  ITU  FIRMAN  TUHAN – ILHAM  ROH  KUDUS !  Jadi,  bagaimana  mungkin  coba,  wanita2  itu  membeli  rempah2  sesudah  hari  Sabat  lalu  menyiapkan  rempah2  itu  dan  lalu  beristirahat  pada  hari  Sabat  yang  sama  pula ?  Hal  itu  benar2  tidak  mungkin – kecuali  ada  2  Sabat  yang  terlibat  disana,  dengan  sebuah  hari  diantara  keduanya !  Begitu  kita  menyadari  hal  ini  maka  kedua  kitab  Injil  itu  jadi  jelas  hubungannya.   Dan  ini  konfirmasi  dengan  apa  yang  sudah  kita  simpulkan  dalam  point  ke 13,  bahwa  ternyata  kedua  kitab  Injil  itu  sedang  membicarakan  tentang  dua  Sabat  yang  berbeda !

 

  1. Mat. 28:1

Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

 

Kenyataan  bahwa  ada  2  hari  Sabat  yang  terjadi  sebenarnya  telah  dikonfirmasi  dalam  Mat.28:1, dimana  para  wanita  pergi  ke  makam  Setelah hari Sabat lewat  (“after the Sabbath.”).  Kata  ”hari  Sabat”  yang  dikatakan  disitu  sebenarnya  bermakna  jamak  dalam  bahasa  aslinya,  Yunani,  dan  seharusnya  diterjemahkan  sebagai  “Hari – hari  Sabat”.

 

  1. Sekarang kita  kesampingkan  dulu  soal  dua  Sabat  itu  dan  mari  sekarang  kita  menghitung  mundur,  dimulai  dari  selesainya  Sabat  mingguan  (saat  menjelang  fajar  menyingsing  itu,  ketika  Maria    pergi  ke  kubur  dan  menemukan   Yesus  sudah  bangkit).  Supaya  lebih  mudah,  lihat  lampiran    ”Kronologi  Penyaliban  dan  Kebangkitan  Kristus“

 

Hasil  dari  perhitungan  mundur  itu  bisa  dibaca  disana,  bahwa  ternyata  Kristus  sebenarnya  mati  sekitar  jam  3  sore  dan  dimasukkan  kedalam  makam  menjelang  matahari  terbenam  pada  hari  itu,  yaitu  di  suatu  hari  Rabu  (pada  tahun  31 – Refr. UCG). 

 

Dari  matahari  terbenam / 6 pm  dihari  Sabtu,  mundur  ke  matahari  terbenam / 6 pm  dihari  Jumat = 1 hari  1  malam  (ini  yang  Sabat  mingguan) ; lalu  dari  situ  mundur ke  matahari  terbenam  di  hari  Kamis  = 2  hari  2  malam ; lalu  dari  situ  mundur  ke  matahari   terbenam  di hari  Rabu = TEPAT  3  hari  3  malam !!! 

 

TERBUKTI  Yesus  tidak  wafat  pada  hari  Jumat  sore  tetapi  pada  hari  Rabu  sore,  menjelang  dimulainya  Sabat  tahunan  sebagai  permulaan  perayaan  hari  raya  Roti  Tak  Beragi  yang  jatuh  di  hari  Kamisnya.

 

  1. Mari kita  buktikan  lagi  dengan  cara  yang  lain,  yaitu  dengan  menggabungkan  ayat  19:31,  Mrk.16:1  dan  Luk.23:56  sbb.,  perhatikan  perbedaan  jenis  huruf  (fonts)  yang  digunakan…

 

Yoh.19:31 ”sebab Sabat itu adalah hari yang besar”

 

Mrk.16:1 Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.

 

Luk.23:56 Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat

 

Nah,  kalau  kita  pakai  Mrk.16:1  sebagai  dasar  penggabungan,  maka  bunyi  Firman  Tuhan  itu  menjadi :

 

Mrk.16:1

Setelah lewat hari Sabat  (= Sabat  besar  Yoh.19:31), Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli (= menyediakan – Luk.23:56)  rempah-rempah (Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat – Luk.23:56) untuk (secepat  mungkin)  pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.

 

Sekarang  kita  coba  dengan  Luk.23:56  sebagai  dasar  penggabungan,  sehingga  bunyi  ayat  Firman  Tuhan  menjadi :

 

Luk.23:56

Dan setelah pulang  (”sebab Sabat itu adalah hari yang besar” – Yoh.19:31), (Besoknya – setelah lewat hari Sabat – Mrk.16:1) mereka menyediakan (= membeli – Mrk.16:1)  rempah-rempah dan minyak mur. Dan pada hari Sabat (mingguan)  mereka beristirahat menurut hukum Taurat

 

  • TEPAT – KLOP kedua-duanya, bukan ?!

 

  1. Sekarang kita  “masukkan”  3  hari – 3  malam  yang  sudah  kita  temukan  kebenarannya  di dalam  point  18  itu,  ”kedalam“   16:1  dan  Luk.23:56,  lihat  lampiran  ”Kronologi  Penyaliban  dan  Kebangkitan  Kristus“.   ! 

REV.  KRONOLOGIS  PENYALIBAN

Rabu  Senja  itu  adalah  saat  dimulainya  Sabat  Besar  (“high day” Sabbath),  yang  merupakan  hari  pertama  dari  Hari  raya  Roti  Tak  Beragi (Feast of Unleavened Bread),  yang  jatuh  pada  hari  Kamis  pada  tahun  itu. 

Para  wanita  beristirahat  pada  hari  itu,  lalu  pada  hari  Jumat  pagi/ siang  mereka  membeli  dan  menyiapkan  rempah2  dan  minyak  untuk  mengurapi  mayat  Yesus,  yang  tidak  dapat  mereka  lakukan  baik  pada  hari  Raya  Sabat  Tahunan  ataupun  pada  hari  Sabat  mingguan.  Kemudian  mereka  beristirahat  lagi  pada  hari  Sabat  mingguan  (mulai  Jumat  matahari  terbenam  6 pm)  sebelum  mereka  pergi  ke makam  saat  sebelum  matahari  terbit  di hari  Minggu  pagi  itu,  saat  mana  mereka  menghadapi  fakta  bahwa  Yesus  telah  dibangkitkan

 

         –>  Lihat,  KLOP  JUGA,  bukan ?!!   Dahsyat !

 

  1. Perkataan firman  Yesus  Kristus  benar-benar  digenapi  dengan  sempurna,  seperti  yang  dikatakan  dalam  kitab2    3  hari  3   malam  didalam  perut  bumi  digenapi,  yang  membuktikan  bahwa  Dialah  Mesias  itu !  Dan  juga,  Dia  dibangkitkan  pada  hari  yang  ke tiga. 

 

Dia  tidak  disalibkan  pada  hari  Jumat  sore,  ataupun  dibangkitkan  pada  suatu  hari  minggu  pagi.  Yesus  Kristus  telah  dibangkitkan  TEPAT  pada  akhir  periode  “3  hari  3  malam”  itu,  menjelang  matahari  terbenam  di  hari  SabtuMaka  dari  itu  Dia  telah  bangkit  lama  sebelum  para  wanita  tiba  di  makam,  sebelum  terbitnya  matahari  di  Minggu  pagi !

 

  1. Catatan 4.

Ada  pola  khusus  pada  kalender  Yahudi.  Tahun  Ibrani  terdiri  dari  beberapa  bulan.  Perhitungannya  mengikuti  peredaran  BULAN,  dimulai  dari  sejak  bulan  sabit  terkecil  pertama  kali  muncul  sejak  matahari  terbenam.  Karena  itu  sistem  penanggalannya  disebut  LUNISOLAR. 

Hari  pertama  dari  bulan  yang  baru  muncul  demikian  dianggap  suci.  Bulannya  dihitung  29/30  hari.  Karena  tahun  yang  perhitungannya  berdasarkan  peredaran  bulan  kira-kira  sebelas  hari  lebih  pendek  dibandingkan  tahun  yang  berdasarkan  peredaran  bumi,  maka  secara  berkala  disisipkan  bulan  ke13,  agar  hari  tahun  baru  tidak  jatuh  pada  hari  sebelum  musim  semi  tahun  itu  (Maret – April),  sehingga  jatuhnya  hari  Paskah  ”Passover”  itu  beda-beda  hari  tiap  tahunnya. 

 

COBA,  BAGAIMANA  KITA  BISA  MEMPERINGATI  KEMATIAN  YESUS  PADA  TIAP  JUMAT  AGUNG  TERUS2AN, SETIAP  TAHUN  ???  

 

BUKANKAH,  yang  jadi  patokan  untuk  merayakan  Paskah  itu  adalah  tanggal  14  Nisan,  sesuai  dengan  perintah  Tuhan  dalam  Im.23:5,  sehingga  setiap  tahun  jatuhnya  bisa  berbeda-beda  hari  ? 

TANGGALNYA  yang  jadi  patokan,  BUKAN  HARI  KEMATIANNYA !!!

Bandingkan  dengan  Hari  Raya  Idul  Fitri  &  Imlek,  sama2  ber sistem  LUNAR  tetapi  jatuhnya  hari  raya  mereka  berbeda-beda  hari  setiap  tahun.

 

  1. Perhatikan, untuk  tahun  2016  ini,  Passover  dirayakan  saat  matahari  terbenam  tanggal  22  April  (tanggal  Israel,  14 Nisan).  Lho  kok  umat  Tuhan  bisa  memperingati  kematian  Yesus  (Jumat  Agung)  pada  tanggal  25  Maret  dan  Paskah  Kebangkitan  Yesus  27  Maret  yah ?!!! 

 

  1. FAKTA PERAYAAN  PASKAH  KITA  :

 

JUMAT  AGUNG  :  Jumat,  25  Maret  2016

Minggu  Paskah  KebangkitanNya  (Easter)  :  Minggu,  27  Maret’16

 

di  tahun  Ayin  VAV  5776  ini,

Passover  (PASKAH  KEMATIANNya) ,  14  Nisan  5776

=  Jumat,  22  April  2016.

 

Hampir  sebulan  bedanya  lebih  dahulu,  Paskah  Kebangkitan  menurut  Kalender  Liturgi  dibandingkan  dengan  Paskah  kematian  (Passover)  menurut  Kalender  Yahudi !

 

 

LALU,  BAGAIMANA  SEBENARNYA  KETETAPAN  TUHAN  YANG  ASLI  TENTANG  PASKAH ?

  1. Paskah adalah perayaan  wajib  yang  telah  ditetapkan  Tuhan  dan  HARUS  dirayakan  untuk  selama-lamanya. 

 

Kel.12:11-14

12:11 Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah Paskah bagi TUHAN.

12:12 Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN.

12:13 Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.

12:14 Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun-temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya.

 

Kel.12:17

Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi, sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan-pasukanmu keluar dari tanah Mesir. Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya.

 

Kel.12:24-25

12:24 Kamu harus memegang ini sebagai ketetapan sampai selama-lamanya bagimu dan bagi anak-anakmu.

12:25 Dan apabila kamu tiba di negeri yang akan diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang difirmankan-Nya, maka kamu harus pelihara ibadah ini.

 

  1. Apakah Yesus dan  murid-muridNya  (setelah  kematian  Yesus)  tetap  merayakan  Paskah ?

 

Luk.22:7-9,  15-16

22:7 Maka tibalah hari raya Roti Tidak Beragi, yaitu hari di mana orang harus menyembelih domba Paskah.

22:8 Lalu Yesus menyuruh Petrus dan Yohanes, kata-Nya: “Pergilah, persiapkanlah perjamuan Paskah bagi kita supaya kita makan.”

22:9 Kata mereka kepada-Nya: “Di manakah Engkau kehendaki kami mempersiapkannya?”

22:15 Kata-Nya kepada mereka: Aku sangat rindu makan Paskah ini bersama-sama dengan kamu, sebelum Aku menderita.

22:16 Sebab Aku berkata kepadamu: Aku tidak akan memakannya lagi sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah.”

 

Selama  33½  tahun  Yesus  TAAT  merayakan  PASKAH  menurut  ketentuan  Perjanjian  Lama  (Yesus  orang  Yahudi !),  sampai  Yesus  berkata  bahwa  pada  Paskah  kali  itu,  DIA-lah  yang  akan  jadi  Domba  Paskahnya  untuk  disembelih !

 

Mat.26:1-2

26:1 Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaran-Nya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya:

26:2 “Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan.

 

1Kor.5:7-8

5:7 Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.

5:8 Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran.

 

1Corr.5:7-8,  King  James  Version

5:7 Purge out therefore the old leaven, that ye may be a new lump, as ye are unleavened. For even Christ our passover is sacrificed for us:

5:8 Therefore let us keep the feast, not with old leaven, neither with the leaven of malice and wickedness; but with the unleavened bread of sincerity and truth.

 

1Kor.11:23-26

11:23 Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti

11:24 dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: “Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!”

11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!”

11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.

 

PASKAH  Perjanjian  Baru  :  PASKAH  Kematian  Yesus

 

  1. Tanggal pelaksanaan Paskah  juga  TELAH  DITETAPKAN  TUHAN  berdasarkan  penanggalan  yang  telah  ditetapkanNya  sendiriBUKAN  menurut  penanggalan  kita/ Gregorian.

 

Kel.12:1-2

12:1. Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun di tanah Mesir:

12:2 Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.

 

Ul.16:1

“Ingatlah akan bulan Abib dan rayakanlah Paskah bagi TUHAN, Allahmu, sebab dalam bulan Abib itulah TUHAN, Allahmu, membawa engkau keluar dari Mesir pada waktu malam.

 

Im.23:4-8

23:4. Inilah hari-hari raya yang ditetapkan TUHAN, hari-hari pertemuan kudus, yang harus kamu maklumkan masing-masing pada waktunya yang tetap.

23:5 Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada Paskah bagi TUHAN.

23:6 Dan pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN; tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang tidak beragi.

23:7 Pada hari yang pertama kamu harus mengadakan pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.

23:8 Kamu harus mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN tujuh hari lamanya; pada hari yang ketujuh haruslah ada pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.”

 

 

Itulah  bulan  Abib  (menurut  Kitab  Taurat,  Ul.16:1)  atau  bulan  Nisan  (bahasa  Ibrani),  yaitu  bulan  pertama  menurut  penanggalan  keagamaan  dan  bulan  ke-7  penanggalan  sipil  dalam  Kalender  Yahudi.  Di  tahun  2016  (Gregorian)  ini,  kita  berada  dalam  tahun  5776,  Ayin  Vav,  yang  telah   dimulai  sejak  matahari terbenam 13 September 2015  yang  lalu  (Rosh  Hashanah,  1-2  Tishri : Tahun Baru Israel)  dan  akan  berakhir  saat  matahari  terbenam  2  Oktober  2016  yad.  dan  berganti  menjadi  tahun  5777, Ayin Zayin.

 

 

  1. Bolehkah kita menentukan tanggal perayaan Paskah  sendiri ?

 

Ul.4:1-2

4:1. “Maka sekarang, hai orang Israel, dengarlah ketetapan dan peraturan yang kuajarkan kepadamu untuk dilakukan, supaya kamu hidup dan memasuki serta menduduki negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu.

4:2 Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya, dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu.

 

Ul.12:32

Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya.

 

Kita  tidak  diperbolehkan untuk  merubah  ketetapan  Tuhan,  MENAMBAH  APALAGI  MENGURANGINYA !

 

Bahkan  untuk  ketentuan  khusus  yang  telah  Tuhan  tetapkan  sendiri   untuk   Orang  Isarel  yang  pada  waktu  tahun  kedua  (perjalanan  menuju  Tanah  terjanji)  harus  merayakan  Paskah,  tetapi  mereka  masih  ada  di dalam  perjalanan  dan  tidak  tahir  karena  habis  pegang  mayat,  dengan  TEGAS  ditetapkan  Tuhan  bahwa  kalau  mereka  sengaja  lupa/ lalai  maka  mereka  harus  dilenyapkan  dari  orang-orang  sebangsanya…..

 

Bil.9:1-14

9:1 TUHAN berfirman kepada Musa di padang gurun Sinai, pada bulan yang pertama tahun yang kedua sesudah mereka keluar dari tanah Mesir:

9:2 “Orang Israel harus merayakan Paskah pada waktunya;

9:3 pada hari yang keempat belas bulan ini, pada waktu senja, haruslah kamu merayakannya pada waktu yang ditetapkan, menurut segala ketetapan dan peraturannya haruslah kamu merayakannya.”

9:4 Lalu Musa menyuruh orang Israel merayakan Paskah.

9:5 Maka mereka merayakan Paskah pada bulan yang pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, pada waktu senja, di padang gurun Sinai; tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah dilakukan orang Israel.

9:6 Tetapi ada beberapa orang yang najis oleh karena mayat, sehingga tidak dapat merayakan Paskah pada hari itu. Mereka datang menghadap Musa dan Harun pada hari itu juga,

9:7 lalu berkata kepadanya: “Sungguhpun kami najis oleh karena mayat, dengan dasar apakah kami dicegah mempersembahkan persembahan bagi TUHAN di tengah-tengah orang Israel pada waktu yang ditetapkan?”

9:8 Lalu jawab Musa kepada mereka: “Tunggulah dahulu, aku hendak mendengar apa yang akan diperintahkan TUHAN mengenai kamu.”

9:9 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa:

9:10 “Katakanlah kepada orang Israel: Apabila salah seorang di antara kamu atau keturunanmu najis oleh karena mayat, atau berada dalam perjalanan jauh, maka ia harus juga merayakan Paskah bagi TUHAN.

9:11 Pada bulan yang kedua, pada hari yang keempat belas, pada waktu senja, haruslah orang-orang itu merayakannya; beserta roti yang tidak beragi dan sayur pahit haruslah mereka memakannya.

9:12 Janganlah mereka meninggalkan sebagian dari padanya sampai pagi, dan satu tulang pun tidak boleh dipatahkan mereka. Menurut segala ketetapan Paskah haruslah mereka merayakannya.

9:13 Sebaliknya orang yang tidak najis, dan tidak dalam perjalanan, tetapi lalai merayakan Paskah, orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya, sebab ia tidak mempersembahkan persembahan yang kepada TUHAN pada waktunya; orang itu akan menanggung akibat dosanya.

9:14 Apabila seorang asing yang telah menetap padamu hendak merayakan Paskah bagi TUHAN, maka haruslah ia merayakannya menurut segala ketetapan dan peraturan Paskah. Satu ketetapan harus berlaku bagi kamu, baik bagi orang asing maupun bagi orang Israel asli.

 

APALAGI  kita  umat  PB  ini  BUKANLAH  ORANG  ASING, melainkan  Israel-israel  rohani  yang  ditempelkan  kepada  pohon  zaitun  sejati,  Yesus  Kristus  (Rm.11).  Jadi  ketetapan  itu  BERLAKU  bagi  kita  semua  juga,  umat  PB  tetapi  dengan  peringatan  yang  telah  di”amandemen”  karena  Domba  Paskah  itu  telah  DIGENAPI  didalam  diri  Yesus  Kristus.  HaleluYah !

 

Rm.11:21-22

11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu.

11:22 Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga.

 

  1. Perayaan – perayaan yang TELAH  DITETAPKAN  TUHAN 

Hari – hari  Raya  yang  ditetapkan  Tuhan

Hari  Raya

Im.23, ayat Nama  lain

Tanggal  Perayaan

1 Paskah 5 Passover 14  Nissan,  senja  
      Pesakh    
2 Hari  Raya  Roti  Tidak  Beragi 6-8 Feast  of  Unleaven  Bread 15 – 22  Nissan  
3 Hari  Raya  Buah  Bungaran 15 – 22 Feast  of  Pentecost 6  Siwan  
  (Hari  Raya  Menuai)   Pentakosta    
  (Hari  Raya  Tujuh  Minggu) Shavuot
4 Hari  Peniupan  Serunai 23 – 25 Feast  of  Trumpets 1 – 2 Tishri
Yom  Teruah
Rosh  Hashanah
5 Hari  Pendamaian 26 – 32 Day  of  Atonement 10  Tishri
Yom  Kippur
6 Hari  Raya  Pondok  Daun 33 – 43 Feast  of  Tabernacles 15 – 21  Tishri
Sukkot
7 Hari  Raya  Perkumpulan 36 The  Last  Great  Day  atau 22  Tishri
Eight  Day
Shmini  Atzeret
Refr: http://www.colelchabad.org/calendar.bp?gdate=9/1/2014
http://id.wikipedia.org/wiki/Kalender_Yahudi

 

 

 

  1. FAKTA PERAYAAN PASKAH  KITA  &  PERAYAAN  LAIN  YANG  BERKAITAN :

 

JUMAT  AGUNG  :  Jumat,  25  Maret  2016

Minggu  Paskah  KebangkitanNya  (Easter)  :  Minggu,  27  Maret’16

di  tahun  Ayin  VAV  5776  ini,

Passover  (PASKAH  KEMATIANNya) ,  14  Nisan  5776

=  Jumat,  22  April  2016.

 

Kenaikan  Isa  Almasih  :  Kamis,  5  May’16

Pentakosta  :  Minggu, 15  May’16

Pentecost,  6  Siwan,   =  Minggu,  12  Juni’16

 

PERHATIKAN.  Yang  berada  didalam  kotak,  itulah  WAKTU  PERAYAAN  PASKAH  &  PENTAKOSTA  yang  sesuai  dengan  ketetapan  waktu  Tuhan. 

 

Jadi  ada  4  (EMPAT)    perayaan  yang  tidak  ditetapkan  oleh  Tuhan  yang  selama  ini  telah  tanpa  sadar  kita  rayakan  dari  tahun  ke  tahun,  yaitu  Jumat  Agung,  Minggu  Paskah  KEBANGKITANNYA  (seharusnya  Paskah  Kematian/ Passover – 1Kor.11:23-26),  Kenaikan  Isa  Almasih  dan  Pentakosta  (yang  berbeda  tanggal  karena  ditetapkan  berdasarkan  Jumat  Agung  ditambah  50  hari,  BUKANNYA  Passover  ditambah  50  hari !).   

 

  1. MENGAPA ADA 4  PERAYAAN  DILUAR  KETETAPAN  TUHAN  YANG  BIASA  KITA  RAYAKAN ?

 

Hal  itu  terjadi  karena  dihitung  berdasarkan   hari   yang  ditetapkan  sebagai   hari   Jumat  Agung,  Wafat  Isa  Al  Masih,  yang  dihitung  tidak  berdasarkan  penanggalan  Yahuditetapi  berdasarkan  ketentuan  Tahun Liturgi, yang disebut juga Tahun Kristiani,  yang  merupakan  Kalender  Kristiani/ siklus  masa  liturgi  dalam gereja-gereja  Kristiani  yang  menentukan  kapan  hari-hari  orang  kudus,  hari-hari  peringatan,  dan hari-hari   besar   harus  dirayakan serta  bagian  mana  dari   Kitab  Suci  yang  diasosiasikan  dengan hari-hari  raya  tersebut  (Wikipedia  :  Tahun  Liturgi).

 

  1. BAGAIMANA SEJARAHNYA ?

 

1Raj.12:32-33

12:32 Kemudian Yerobeam menentukan suatu hari raya pada hari yang kelima belas bulan kedelapan, sama seperti hari raya yang di Yehuda, dan ia sendiri naik tangga mezbah itu. Begitulah dibuatnya di Betel, yakni ia mempersembahkan korban kepada anak-anak lembu yang telah dibuatnya itu, dan ia menugaskan di Betel imam-imam bukit pengorbanan yang telah diangkatnya.

12:33 Ia naik tangga mezbah yang dibuatnya di Betel itu pada hari yang kelima belas dalam bulan yang kedelapan, dalam bulan yang telah direncanakannya dalam hatinya sendiri; ia menentukan suatu hari raya bagi orang Israel dan ia naik tangga mezbah itu untuk membakar korban.

 

Ternyata  DALANG  dari  semua  kekacauan  perayaan  kudus  yang  seharusnya  kita  taati  itu  adalah  spirit  YerobeamDialah  raja  Israel  (mantan  pegawai  Salomo)  yang  diangkat  Tuhan  untuk  memimpin 10 suku Israel  (1Raj.11:30-31)  saat  Tuhan  murka  akibat  dosa  penyembahan  berhala  yang  dilakukan  oleh  raja  Salomo  sehingga  anaknya,  Rehabeam  hanya  diberi  2  suku  saja  dan  disebut  sebagai  Kerajaan  Yehuda.

 

Tetapi  ternyata  Yerobeam  bukanlah  seorang  yang  tahu  diri  dengan  kasih  karunia  Tuhan  yang  telah  mengangkatnya,  karena  dia  malah  membuat  sakit  hati  TUHAN  LEBIH  daripada  masa  Harun  membuat  lembu  emas : Yerobeam  membuat  DUA  lembu  emas  dan  menetapkan  waktu  perayaan  sendiri  DEMI  UNTUK  MENCEGAH  rakyat  Kerajaan  Israel  pergi  berziarah  (beribadah  pada  waktu  yang  telah  ditetapkan  Tuhan  itu)  ke  Yerusalem  yang  berada  di wilayah  Kerajaan  Yehuda  (baca  1Raj.13).

 

BAGAIMANA  DENGAN  FAKTA  PERAYAAN  gerejawi  kita  sekarang  itu ?

 

1Raj.13:33-34

13:33 Sesudah peristiwa inipun Yerobeam tidak berbalik dari kelakuannya yang jahat itu, tetapi mengangkat pula imam-imam dari kalangan rakyat untuk bukit-bukit pengorbanan. Siapa yang mau saja, ditahbiskannya menjadi imam untuk bukit-bukit pengorbanan.

13:34 Dan tindakan itu menjadi dosa bagi keluarga Yerobeam, sehingga mereka dilenyapkan dan dipunahkan dari muka bumi.

 

1Raj.14:10-11

14:10 Maka Aku akan mendatangkan malapetaka kepada keluarga Yerobeam. Aku akan melenyapkan dari pada Yerobeam setiap orang laki-laki, baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya di Israel. Aku akan menyapu keluarga Yerobeam seperti orang menyapu tahi sampai habis.

14:11 Setiap orang dari pada Yerobeam yang mati di kota akan dimakan anjing dan yang mati di padang akan dimakan burung yang di udara. Sebab TUHAN telah mengatakannya.

 

  1. EASTER

 

Biasanya  SMS  dan  BBM/ WA  akan  segera  ramai  dengan  salam  HAPPY  EASTER  begitu  hari  Minggu  Paskah  (Kebangkitan)  tiba. 

Tentu  saja,  itu  terjadi  di  hari  Paskah  Kebangkitan.  Banyak  anak-anak  Tuhan  yang  kurang  mengerti  “kejeblos”  dengan  ikut-ikutan  mengucapkan  HAPPY  EASTER,  padahal  perayaan  EASTER  itu  berasal  dari  perayaan  penyembahan  kepada  dewi  ASTARTE,  ratu  sorga  menurut  kepercayaan  berhala  bangsa  Babel  (Babylonian / Chaldean).  Ilah  atau  allah  yang  membuat  Tuhan  sakit  hati  dan  murka  ini  kita  temukan  namanya  tercatat  didalam  kitab  Yer.7:16-20  dan  Yer.44:16-30.  Kalau  menurut  bahasa  Ibrani,  dewa  ini  disebut  sebagai  ASYTORET  (dewi  kejijikan  orang  Sidon),  yang  dapat  kita  temukan  namanya  tertulis  dalam  kitab  1Raj.11:5,33  dan  2Raj.23:13  Dewi  inilah  sesembahan  para  istri  Salomo  yang  membuatnya  menyimpang  dari  Tuhan  sehingga  membuat  Tuhan  murka  sekali  pada  Salomo   dan  menjatuhkan  hukumannya  pada  masa  pemerintahan  anaknya,  Rehabeam  (1Raj.11:1-11, 29-37),  yaitu  kerajaan  Israel  dipecah  Tuhan  menjadi  2  kerajaan,  Kerajaan  Utara/ Samaria  (Yerobeam)  dan  Kerajaan  Selatan/ Yehuda  (Rehabeam)  – 1Raj.11:26-43.

 

Dalam  konteks  yang  lebih  modern,  Bangsa  Anglo – Saxon  (Inggris) menyebut  nama  dewi  ini  OESTRE,  yaitu  dewi  musim  semi – kesuburan  dan  kehidupan  baru.  ”Oestre”  kadang2  dièja  sebagai  ”Estre”  atau  juga  ”Eastre”  hingga  akhirnya  menjadi  ”Easter” !  Mari  kita  baca  peringatan  Musa  kepada  bangsa  Israel  :

 

Kel.23:13

Dalam segala hal yang Kufirmankan kepadamu  haruslah kamu berawas-awasnama allah lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari mulutmu.

 

Ul.12:29-32

12:29 “Apabila TUHAN, Allahmu, telah melenyapkan dari hadapanmu bangsa-bangsa yang daerahnya kaumasuki untuk mendudukinya, dan apabila engkau sudah menduduki daerahnya dan diam di negerinya,

12:30 maka hati-hatilah, supaya jangan engkau kena jerat dan mengikuti mereka, setelah mereka dipunahkan dari hadapanmu, dan supaya jangan engkau menanya-nanya tentang allah mereka dengan berkata: Bagaimana bangsa-bangsa ini beribadah kepada allah mereka? Akupun mau berlaku begitu.

12:31 Jangan engkau berbuat seperti itu terhadap TUHAN, Allahmu; sebab segala yang menjadi kekejian bagi TUHAN, apa yang dibenci-Nya, itulah yang dilakukan mereka bagi allah mereka; bahkan anak-anaknya lelaki dan anak-anaknya perempuan dibakar mereka dengan api bagi allah mereka.

12:32 Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya.

 

Nah  jadi  anak-anak  Tuhan  yang  tidak  menyadari  kebenaran  ini  dan  ikut-ikutan  berkirim  SMS  atau  BBM/ WA  mengucapkan  ”HAPPY  EASTER”  itu berarti  sudah  berbuat  kekejian  dihadapan  Tuhan!   Karena  mereka  menyebut  nama  dewi  Asytoret  ’kan ! Kenapa  mereka  bisa  berlaku  begitu ?  Sebab  niat  mereka  sebenarnya  ”hanya”  kerèn- kerènan,  gagah-gagahan  pakai  bahasa  Inggris,  tanpa  tahu  arti  yang  sebenarnya !  Yang  lebih  parah,  para  Usher  di muka  pintu  Gereja  juga  mengucapkan  ”HAPPY  EASTER”  dengan  senyum  kudusnya !  :(  Maksud  hati  mereka  tentu  saja  rohani  sekali,  mengucapkan  ”Selamat  Paskah”  kepada  jemaat,  tapi  supaya  lebih  kerèn  mereka  pakai  bahasa  Inggris  ”HAPPY  EASTER”  sehingga  kejeblos  lah  mereka  dan  Iblis  kembali  diuntungkan : impartasi  ”HAPPY  EASTER”  kepada  jemaat !  Jemaat  yang  kurang  mengerti  berpikir  ”Ah  ya  hari  ini  ’HAPPY  EASTER’  ya.”  Lalu  sepulang  dari  gereja  itu  sibuklah  mereka  juga  mengucapkan  ”HAPPY  EASTER”  kepada  teman  &  handai  taulan  mereka  lewat  SMS/ BBM/ WA !   Aduh,  Firman  Tuhan  berkata,  kita  menyebut  nama-nya  ilah  itu  saja  juga  tidak  boleh  lho !!!

 

 

  1. SEKARANG KITA MASIH  ADA  DALAM  MASA  ANUGERAHNYA

 

2Ptr.3:15-18

3:15 Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.

3:16 Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.

3:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.

3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

 

Gal.1:10

Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.

 

2Kor.7:1

Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

 

 

Jesus  Bless  You  !!!

 
Leave a comment

Posted by on March 24, 2016 in Indonesian version

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: